Thursday, January 5, 2012

I/O Unit

Central Processing Unit/Processor adalah bagian terpenting dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengontrol segala aktivitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatanprocessor adalah Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz), 1 GHz = 1000 MHz, semakin besar nilai Processing maka semakin cepat proses eksekusi pada sistem komputer.

Memori
Memori adalah suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan program. Kecepatan akses suatu memori mempunyai tingkatan-tingkatan, dari yang paling lambat sampai yang paling tercepat, tingkatan-tingkatan tersebut adalah sebagai berikut:

Register Memori -> jenis memori yang memiliki kecepatan akses paling cepat, memori jenis ini terdapat pada CPU/Processor.

Chace Memory -> memori yang memiliki kapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama.

Chace Memory -> terdapat pada internal processor. Jenis ini memiliki kecepatan akses sangat tinggi

Chace Memory Eksternal -> terdapat pada mainboard, meskipun tidak secepat chace memory jenos pertama chace memory eksternal memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Memory Utama -> jenis memory penyimpanan data utama. Jenis-jenis memori utama yaitu:

ROM ( Read Only Memory) -> yang hanya bisa di baca data atau programnya saja.

RAM (Random Acces Memory) -> untuk mengubah data atau program yang tersimpan didalamnya. RAM juga sangat berperan dalam meningkatkan suatu kinerja komputer. Sehingga dapat menjalankan lebih dari satu perintah program.

Memory Sekunder -> bebrapa memori tambahan yang berfungsi sebagai penyimpan data atau program, comtohnya:

Hard Disk -> media penyimpanan data yang mempunyai kapasitas besar. Merupakan piranti penyimpanan sekunder, data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan di lingkaran konsentris yang di sebut track.Hard Disk menggunakan head. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencarisector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang di inginkan , maka head akan berputar untuk mencari track.
Hard Disk jenis SATA memiliiki kelebihan dibandingan dengan jenis ATA, selain tidak menyeting jumper, hard disk SATA mampu memiliki transfer data yang lebih cepat.

Input/Output Unit
Merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai penerima atau pengeluaran data setelah diproses oleh processor. Bagian input/output unit terdiri atas:

Port I/O tempat dipasangnya konektor dari peralatan I/O, port-port tersebut adalah:
-Port paralel -> untuk memasukkan (printer dan scanner).
-Port-Port Serial -> untuk memasukkan (mouse, modem, dll).
-Port AT/PS2 -> untuk memasukkan (keyboard atau mouse).-Port VGA -> untuk memasukkan monitor.
-USB (Universal Serial Bus) -> untuk memasukkan (flash disk, handphone, dll).
-Port Audio -> untuk masukkan audio (speaker aktif, microphone, radio, dll).

Peripheral
Sesuatu yang berhubungan dengan peralatan eksternal pada komputer. Fungsi peripheralterbagi menjadi dua, yaitu:
-Peralatan yang melaksanakan operasi input-output seperti port di atas.
-Peralatan primer pada penyimpanan data sekunder seperti hard disk dan optical disk.

Disk Drive/Flopy Disk
Suatu media yang berfungsi sebagai penyimpanan data eksternal. Sekarang lebih cenderung menggunakan CD/flashdisk, karena kapasitasnya lebih besar dibandingkan dengan disket.

CD ROM/DVD ROM Read/Write (RW)
Menurut fungsinya, CD/DVD read dan CD/DVD room hanya bisa digunakan untuk membaca data saja. Tetapi CD/DVD-Read/Write dapat digunnakan untuk membaca data juga bisa menulis atau menghapus data dalam CD/DVD. CD drive sudah berkembang mencapai 56X, namun tidak ada perbedaan yang signitifkan antara kecepatan pembacaan optic yang rendah maupun yang tinggi, namun dalam hal kualitas gambar DVD memiliki kualitas lebih baik dan penyimpanan data yang lebih besar di bandingkan VCD.

Deskripsi CD dan DVD:
- CD/DVD-R -> untuk membaca saja
-CD/DVD-RW -> untuk membaca, menulis dan menghapus.
VGA (Virtual Graphic Adapter)

Device yang berfungsi mengolah data visual menjadi resolusi tinggi yang di tampilkan oleh monitor. Untuk para gammer pemilihan VGA sangat penting untuk mendapatkan se-riil mungkin. Model VGA terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe AGP dan PCI, yang menggunakan slot PCI biasanya terdapat pada mainboard komputer lama.

Soundcard
Perangkat keras yang berfungsi sebagai media output audio, baik buruknya output suara tergantung pada jenis soundcard -nya.

Monitor
Bagian unit komputer yang berfungsi menampilkan visualisasi atau gambar pada komputer.

Komponen Pelengkap

Heatsink
Fungsinya membuang panas yang dihasilkan oleh processor lewat konduksi panas dariprocessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasng rapat pada bagian atas processor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.

Fan
Semacam kipas kecil yang berfungsi untuk mendinginkan ruang dalam unit komputer. Semakin banyak fan semakin baik suhu didalam komputer.

Komponen Bagian Luar

Unit Catu Daya
Bagian komputer yang berfungsi menyuplai power dari listrik PLN, sehingga input listriknya sesuai dengan masukan yang dibutuhkan komputer. Perlu di ingat, jika masukan catu daya melebihi kemampuan komputer maka ini akan merusakkan komputer.

Casing
Bagian komputer yang berfungsi untuk menutup/melindungi komponen-komponen komputer dari debu atau kotoran.

Beberapa pertimbangan sebelum membeli casing
-Berapa output power supply-nya
-Berapa banyak kabel untuk keperluan pendingin dan jumlah fan yang terpasang

Mouse
Pointer tanda panah yang mengarah ke kiri. Fungsi mouse, mengeksekusi perintah atau program dengan cara meng-klik.

Keyboard
Sebuah papan yang berisi tombol-tombol huruf dan angka. Selain untuk mengeksekusi program fungdi keyboard untuk mengetik.

Speaker
Sebuah media audio yang berfungsi sebagai ouutput suara yang dihasilkan oleh sebuah unit komputer.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah meninggalkan komentar